Pengaruh Kafein Terhadap Kesuburan Wanita dan Pria

Pengaruh Kafein Terhadap Program Hamil Anda

kafein

Bila Anda sedang menjalani program kehamilan, satu hal yang tidak boleh Anda abaikan adalah menjaga kesehatan. Salah satu makanan / minuman yang menghambat kesuburan adalah kafein. Ada berbagai pendapat mengenai dampak kafein terhadap kesuburan, baik terhadap pria maupun wanita.

Ketika Anda sedang menjalani program hamil, satu hal yang tidak bisa Anda abaikan adalah menjaga kesehatan. Salah satu penghambat kesuburan adalah kafein. Ada banyak pendapat mengenai kafein dan dampaknya terhadap kesuburan, baik bagi wanita maupun pria. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, namun disarankan untuk tidak mengambil resiko. Oleh karena itu, setiap pasangan yang sedang menjalani program hamil disarankan untuk membatasi konsumsi kafein.

Pengaruh Kafein Terhadap Kesuburan Wanita
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kafein dianggap tabu dikonsumsi oleh wanita yang ingin cepat hamil:

  • Diyakini bahwa ketika Anda mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein dalam sehari, tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak estrogen. Peningkatan level estrogen ini dapat menyebabkan gangguan reproduksi dan dapat menyebabkan kemandulan.
  • Kafein mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Zat besi adalah unsur yang paling penting ketika Anda ingin hamil. Dengan demikian, dengan berkurangnya zat dalam tubuh Anda, bisa menyebabkan masalah terhadap siklus ovulasi Anda.
  • Kafein memiliki efek diuretik pada tubuh kita, menyebabkan kita buang air kecil lebih sering. Dengan demikian, semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk hamil akan banyak keluar.
  • Kafein juga dapat mencapai plasenta dan dapat membahayakan embrio (bila sudah ada). Jika Anda terus mengkonsumsi kafein setelah berhasil hamil, ada kemungkinan lebih besar untuk mengalami keguguran.
  • Jadi, idealnya seorang wanita yang ingin cepat hamil menahan diri dari konsumsi kafein selama dalam program hamil.

Pengaruh Kafein Terhadap Kesuburan Pria
Kegagalan program hamil, tidak selalu karena “kesalahan” pihak wanita. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kafein mempengaruhi kesuburan pada pria:

  • Kafein mempengaruhi kadar insulin dalam tubuh. Peningkatan kadar insulin dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma pada pria.
  • Bila dilihat dalam jangka panjang, kafein dapat mengurangi motilitas sperma yang membuat sperma lebih sulit untuk membuahi sel telur.
  • Konsumsi kafein secara berlebihan, beresiko tinggi terhadap kerusakan genetik pada sperma. Hal ini menyebabkan kerusakan DNA dan anak bisa menjadi korban cacat lahir.
  • Jadi, bahkan laki-laki harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kafein demi kesuksesan program hamil mereka.

Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Kafein
Jika Anda berpikir bahwa hanya teh dan kopi yang mengandung kafein, Anda salah. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang juga mengandung kafein:

  • Cokelat
  • Minuman energi
  • Minuman ringan (soft drink/soda)
  • Beberapa jenis es krim

Ternyata ada beberapa jenis produk herbal dan obat bebas yang juga mengandung kafein. Dianjurkan untuk selalu membaca label pada kemasan sebelum membeli produk-produk kemasan. Anda bisa mendapatkan produk herbal untuk mengatasi masalah tantang kesuburan anda hanya di online store “http://gluteracare.com/madu-penyubur-kandungan/

Dosis Aman Konsumsi Kafein
Mungkin sulit untuk secara drastis mengurangi konsumsi kafein Anda, tetapi Anda dapat mengurangi sedikit demi sedikit sampai batas aman.

Bagi wanita, dosis kafein tidak boleh melebihi 150 mg dalam sehari, sedangkan untuk pria harus dibatasi sampai 250 gm. Konsultasikan dengan dokter kandungan terbaik untuk masalah ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>