Latihan Beban Untuk Menjaga Ukuran Lingkar Pinggang Pria

Latihan Beban Untuk Menjaga Ukuran Lingkar Pinggang Pria

Ketika usia semakin tua maka massa otot akan berkurang dan lemak pada tubuh kita cenderung menumpuk lebih banyak. Jika Anda hanya berlatih olahraga aerobik, seperti lari, jogging, Anda akan kehilangan lemak, serta massa otot,” kata studi co- penulis Rania Mekary, seorang peneliti di Harvard School of Public Health. ” Oleh karena Anda perlu melengkapi latihan olahraga Anda dengan pelatihan resistensi, dalam rangka menjaga kesehatan massa otot. Namun, itu tidak berarti bahwa olahraga aerobik kurang penting bagi kesehatan. Melakukan kardio bisa membantu mencegah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan bahkan kanker.

Untuk penelitian ini, para peneliti telah mengamati 10.500 pria Amerika yang sehat mulai usia 40 hingga 40 keatas yang berpartisipasi dalam acara “Health Professionals Follow-Up Study”. Secara khusus, para peneliti juga memeriksa berat badan, aktivitas fisik dan ukuran lingkar pinggang peserta guna untuk mempelajari bagaimana perubahan tingkat aktivitas pria di atas 12 tahun. Untuk orang dewasa yang lebih tua, lingkar pinggang merupakan indikator yang lebih baik dari komposisi tubuh sehat daripada indeks massa tubuh.

Ukuran lingkar pinggang pria cenderung mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya usia mereka, dan penelitian menunjukkan rata-rata 1,2 inci (3 cm) peningkatan lingkar pinggang mereka. Tetapi bagi seseorang yang melakukan latihan beban selama 20 menit sehari memiliki peningkatan yang lebih kecil dari pria yang hanya menghabiskan waktu untuk melakukan olahraga aerobik.

Para peneliti juga menemukan bahwa pria yang melakukan kegiatan menetap seperti menonton TV mereka mengalami peningkatan lingkar pinggang yang lebih besar daripada mereka yang aktif dalam melakukan kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>