3 Cara Mudah Budidaya Burung Sriti Kembang

3 Cara Mudah Budidaya Burung Sriti Kembang – Untuk dapat melakukan penetasan dengan cara ini, perlu ada gedung untuk tempat hidup sriti kembang. Gedung sriti kembang adalah gedung yang sudah dihuni sekelompok sriti kembang dan sudah berkembang biak di dalamnya. Ada beberapa cara memiliki gedung sriti kembang, yaitu sebagai berikut.

3 Cara Mudah Budidaya Burung Sriti Kembang

Membeli gedung yang sudah dihuni sriti kembang
Tidak seperti gedung sriti ataupun walet, gedung sriti kem­bang masih sangat murah, bahkan hampir sama dengan harga rumah hunian manusia. Hal ini disebabkan sarangnya tidak laku dijual dan manfaatnya belum dikenal masyarakat luas.

Gedung sriti kembang dapat dikelola seperti gedung sriti karena habitatnya tidak jauh berbeda. Keduanya cocok berada pada suhu 27—30° C. Cahaya untuk gedung sriti kembang pun harus remang atau agak terang. Sriti kembang dan sriti selalu menghindari ruang yang gelap.

Memancing sriti kembang masuk gedung
Memancing seriti kembang untuk masuk dan bersarang di sebuah gedung cukup sulit. Untuk hal ini, perlu diketahui kebiasaan bersarang dari sriti kembang, yaitu di bagian luar gedung. De­ngan teknik memancing yang benar maka sriti kembang dapat masuk ke dalam gedung untuk membangun sarang.

Teknik memancing sriti kembang tidak berbeda dengan memancing sriti. Pada papan sirip di dalam gedung disiapkan sarang sriti kembang ataupun sarang palsu. Sarang palsu dapat berupa besek atau kotak papan ukuran 15 cm x 15 cm yang di dalamnya diisi rumput kering. Papan sarang ditempatkan di tempat strategis. Maksudnya ialah bila ingin masuk gedung, sriti kembang dengan mudah mendapati tempat hinggap atau bertengger. Di dekatnya diletakkan sarang. Untuk memancing sriti kembang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut

  • Tersedia gedung atau rumah kosong.
  • Disiapkan pintu masuk-keluar khusus atau dapat memanfaatkan jendela atau lubang lain.
  • Di sekitar rumah tersebut terdapat populasi seriti kembang yang cukup banyak.
  • Faktor makanan seperti, bekatul, gabah, dan jagung harus selalu tersedia.
  • Seriti kembang liar di luar rumah dipancing dengan cara dikurung di dalam rumah menjadi jinak.

Memancing burung agar dapat masuk ke dalam gedung perlu memperhatikan populasi burung di sekitarnya. Bila di sekitamya didominasi burung walet maka cara memancingnya harus dengan mengondisikan gedung sesuai mikrohabitat dari walet, demikian juga dengan serit ataupun seriti kembang.

Menangkar seriti kembang
Dimaksud dengan menangkar adalah merumahkan seriti kembang. Gedung yang digunakann dapat berupa rumah hunian yang sudah dikosongkan maupun gedung yang sudah dirancang untuk budi daya walet atau seriti. Bila menggunakan rumah hunian, dapat digunakan seluruh ruangan atau salah satu ruang (kamar) berukuran 4 m dengan ketinggian ruang minimal 2,5 m.

Gedung yang digunakan harus sejuk dengan suhu sekitar 27°—30° C. Cahaya yang masuk dalam gedung diusahakan jangan terlalu terang, tetapi jangan terlalu gelap. Selain itu, gedung harus bebas dari binatang predator seperti tikus dan tokek. Seriti kembang dirumahkan secara berpasang-pasangan dan terkurung sehingga penyediaan makanan dan perawatan harus sebaik-baiknya.

Pelajari juga : Teknik Jitu Menetaskan Walet Dengan Induk Sriti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>