Cara Mudah Menyiapkan Induk Sriti Kembang

Setelah kita sudah mempelajari 3 cara budidaya burung sriti kembang langkah berikutnya adalah menyiapkan induk sriti kembang. Tujuan penangkaran atau memmahkan sriti kembang adalah mendapatkan populasi sebanyak mungkin agar dapat bersarang di dalamnya. Untuk itu, perlu disiapkan induk sriti kembang.

Menyiapkan Induk Sriti Kembang

Mendapatkan induk

Ada dua cara mendapatkan induk sriti kembang, yaitu dengan menangkap di alam bebas atau membeli di penangkar burung sriti kembang.

  • Dengan menangkap dari alam

Menangkap sriti kembang di alam sangat sulit karena cara terbang burung ini tergolong sangat cepat dan gesit dengan penglihatan tajam. Walaupun sulit, bukan berarti burung ini tidak dapat ditangkap. Penangkapan dapat dilakukan dengan jaring nilon berwarna hitam maupun getah atau lem perekat.

Penangkapan dengan jaring dilakukan pagi hari di lokasi yang banyak sriti kembangnya. Jaring dipasang di tempat burung mencari makanan dan lalu lalang. Sriti kembang sering terlihat di lokasi pembuangan sampah untuk mencari makanan. Burung yang sudah terjaring segera diambil agar sayapnya tidak rusak atau lehernya terluka.

Jaring nilon banyak dijual di kios-kios burung. Pemasangan jaring di lokasi penangkapan harus menggunakan tangkai dari bambu. Setiap 10 meter jaring terdapat satu tangkai bambu. Lebar jaring sekitar 3 meter, panjang dapat mencapai 50 meter, dan lebar lubang jaring 1,5 cm x 1,5 cm.

Selain dengan jaring, sriti kembang pun dapat ditangkap dengan menggunakan getah atau lem perekat khusus burung. Getah atau lem perekat dapat dibeli di kios-kios burung yang biasa digunakan untuk menangkap ciblek, prenjak, atau burung lain di hutan.

Di areal sawah, menangkap burung dapat dengan menancapkan bilahan bambu di tanah. Bambu tersebut dioleskan getah atau lem. Biasanya sriti kembang akan bertengger di pucuk bambu untuk istirahat sehingga kaki atau bulu sayapnya akan lekat terkena getah. Pada saat itulah burung harus segera diambil dan dibersihkan dari getah. Membersihkan getah cukup dengan air, bukan dengan minyak tanah.

  • Dengan membeli

Bila tidak ingin repot, induk sriti kembang dapat dibeli di penjual burung. Burung ini pun dapat dibeli di penulis, baik sedikit maupun banyak. Burung yang tersedia di penulis dalam kondisi siap dirumahkan dan siap bertelur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>