Penyakit jantung yang menimbulkan pembonjolan setempat pada prekordium adalah penyakit jantung bawaan

prepenyakit jantung yang diderita sejak masa anak2 (penyakit katup mitral) atau aneurisma aorta yang berangsur menjadi besar serta aneurisma ventrikel sebagai kelanjutan infarksio kordis. Pembonjolan prekordium ini mengenai cara menurunkan kadar gula pada penderita diabetes tulang2 iga, sedangkan pembonjolan yang disebabkan oleh efusi pleura atau efusi perikardium adalah katrena penonjolan daerah2 interkostalis.

(2) Denyut apbks jantung

Umumnya denyut jantung tampak pada daerah apeks. Pemeriksaan hendaknya dilakukan sambil pasien berbaring atau duduk dan sedikit membungkuk. Pada orang sehat denyut apeks tampak pada ruang sela iga ke-5 sisi kiri, (antara 7 sampai 9 cm. dari garis midsternum) agak medial dari garis mid-klavikularis. Daerah yang berdenyut itu adalah sebesar kuku ibu jari. Pada anak2 denyut apeks tampak pada ruang sela iga kiri ke4. Pada wanita yang hamil atau mereka yang perutnya buncit denyut apeks dapat agak tergeser ke samping kiri. Kalau denyut jantung berada di belakang tulang iga, tentu saja denyut apeks tidak tampak. Hal itu terjadi juga pada payudara yang besar, pada dinding toraks yang tebal dan jika pasien menderita emfisema atau efusi perikardium.

Denyut apeks dapat tetgeser pada berbagai keadaan patologik yaitu (a) penyakit jantung, (b) skoliosis dan kifoskoliosis, (c) efusi pleura, pneumotoraksdan tumor di dalam mediastinum dan (d) pembuncitan abdomen (asites, hamil dan sebagainya). Penyakit jantung yang dimaksudkan di atas ialah tetralogi Fallot, dekstrokardia (mempunyai denyut apeks pada dada sebelah kanan), hipertrofi ventrikel kiri, kanan, efusi perikardium dan aneurisma aorta. Hipertrofi ventrikel kiri (akibat stenosis dan insufisiensi aorta, stenosis dan insufisiensi katup mitralis dan hipertensi umum) menyebabkan denyut apeks tergeser ke bawah dan ke lateral.

Pada hipertrofi ventrikel kanan (akibat stenosis atau insufisiensi katup pulmonalis atau sebagai kelanjutan hipertrofi ventrikel kiri) denyut apeks hanya tergeser ke lateral saja dan daerah denyut apeks menjadi lebih luas. Pada efusi perikardium denyut apeks tampak di luar garis midklavikularis, akan tetapi agak lebih tinggi dari biasa. Hal ini disebabkan karena jantung terangkat ke atas oleh cairan yang terkumpul di dalam rongga perikardium.  (3) Denyutan nadi pada dada Kita harus memperhatikan juga denyutan2 yang tampak pada bagian lain dari prekordium dan dada di samping denyutan di daerah apeks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>