Pengaruh Revolusi Industri Terhadap Manusia

revolusiDi sebagian besar sejarah yang tercatat, tampaknya manusia menghirup udara segar dengan bebas. Akan tetapi, dengan datangnya revolusi industri, diikuti oleh permasalahan terkini terhadap polusi udara dalam ruangan maupun di luar ruangan, udara segar telah menjadi komoditas yang lebih berharga. Sebuah artikel yang sangat baik tentang udara segar ditulis beberapa tahun yang lalu oleh Dr. Bernell Baldwin. Dengan judul ‘Why is Fresh Air Fresh?” (Mengapa udara segar itu segar?) Baldwin menuturkan bahwa udara segar secara kimiawi berbeda dari udara yang bersirkulasi di dalam obat tradisional penyakit gula darah tinggi ruangan yang dihirup sebagian besar orang Amerika.

Udara segar dengan kualitas tinggi sebenarnya dielektrifikasi. Molekul oksigen pemberi kehidupan diisi muatan negatif atau “ionisasi negatif.” Oksigen bermuatan negatif ini menimbulkan beberapa manfaat seperti dicantumkan dalam Gambar 17. Suatu lingkungan dengan ion bermuatan negatif benar-benar mempunyai efek luar biasa. Beberapa yang paling mengesankan ada kaitannya dengan perilaku. Beberapa riset telah berpusat pada hewan yang dibesarkan sedemikian rupa daiam lingkungan sebanding dengan yang membuat gangguan kegelisahan pada manusia. Ketika hewan-hewan ini diperkenankan untuk menghirup udara dengan banyak ion negatif mereka terlindung terhadap beberapa perubahan fisik yang berkaitan dengan kekhawatiran.

Hewan-hewan yang terpapar dengan ion negatif menunjukkan normalisasi ukuran kimia otak yang berkaitan dan tidak menunjukkan adanya kecenderungan pada tekanan darah atau tukak. (Faktanya, bahkan pada hewan ranpa gangguan perilaku yang diberi kecenderungan pada tukak, ion udara yang bermuatan negatif membantu memberikan penyakit tukak vang kurang berarti termasuk luka yang lebih kecil, lebih sedikit perdarahan dan lebih sedikit sekresi asam. Dalam penelitian pada anak-anak, ion negatifjuga memperlihatkan efek menyehatkan. Dalam satu penelitian, anak-anak yang normal dan mereka yang mempunyai gangguan pembelajaran menunjukkan perbaikan yang nyata dalam fungsi otak. Penulisnya menyimpulkan: “lon udara bermuatan negatif tampaknya menjadi suatu perangkat dengan potensial penerapan teoritis dan pengobatan.

Riset lain lebih lanyut menggarisbawahi fakta bahwa udara segar-yang berion negatifmembantu mempertahankan suasana hati kita terasa ringan dan positif. Baldwin dan yang lainnya mengutip angin topan “sharaw” (juga ditulis “sharav”) di Timur Tengah yang membawa banyak ion-ion bermuatan positifbersamanya. Selama badai topan ini, sebanyak 30 persen individu mengalami masalah-masalah seperti bertambahnya kekhawatiran dan kecurigaan, sakit kepala migren, mual, muntah, diare, masaiah mata, iritabilitas, kongesti pernapasan, dll. Ion positif tampaknya mengganggu kadar serotonin otak, suatu bahan kimia penting pengangkat suasana hati. Angin panas padang gurun itu merampas udara bermuatan ion negatif yang membantu. Udara bermuatan negatif juga dirusakkan oleh udara yang bersirkulasi ulang dalam bangunan, asap tembakau, kabut di kota, dan bahan polutan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>