Negara-negara yang tak begitu majulah yang terutama lalai dalam mengatasi debu pertambangan

Dua puluh tiga persen dari para penambang timah di Bolivia menderita penyakit rongga dada, dan14 persen di kalangan para penambang di Colombia. Kaum tani menyamai para penambang sebagai kelompok yangpaling banyak berkorban guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Kaum tani secara tak seimbang menanggung berbagai penyakit dan kemalangan akibat pekerjaan. Walaupun mereka hanya terhitung 4,4 persen dari seluruh tenaga kerja AS ditahun 1971, kematian para pekerja tani adalah 16 persen dariseluruh kematian akibat pekerjaan yang tercatat di negara ini. Hanya para pekerja tambang dan bangunan yang mencatat angka-angka obat luka diabetes tradisional keamanan yang lebih buruk.

mining-industry

Di kalangan parapekerja tani, nasib kaum migran biasanya lebih buruk lagi, oleh karena bahaya-bahaya yang biasa terdapat di lapangan seringkaliberpadu dengan kondisi hidup yang tidak memenuhi persyarat,nutrisi yang rendah, dan kemiskinan yang parah. Penelitian-penelitian lapangan di semua negara memperlihatkanjumlah yang jauh lebih tinggi dari penderita penyakit yang ada hubungannya dengan pertanian dibanding dengan apa yangdiperlihatkan oleh angka-angka resmi, seolah-olah banyaknya korban perkerjaan tani yang tercatat tidak begitu buruk. Pekerja tani yang keracunan pestisida dan herbisida adalah soal besar yang pada umumnya diremehkan. Banyak sekali penderita penyakit yang diakibatkan oleh pestisida tak pernah dibawa ke dokter,tidak mendapatkan diagnosa yang teliti atau tidak dilaporkan kepada para petugas kesehatan masyarakat.

Karena alasan-alasan yang sama banyak kematian yang diakibatkan oleh pestisida tetap tidak diperhitungkan. Tatkala Dinas Kesehatan Masyarakat dari negara bagian California melaksanakan penelitian atas para pekeda tani dirumah-rumah mereka di Daerah Tularb, ia menemukan bahwa “selama tahun 1969, 25 persen dari para pekerja tani telah memeriksakan penyakit mereka yang ada hubungannya dengan pestisida ke dokter, tapi angka-angka resmi yang ada kurang dari 1persen.” Gejala-gejala keracunan pestisida yang tidak dilaporkan termasuk rasa mual, kulit dan mata perih, sakit kepala yang kronis dan ketak-mampuan untuk tidur. Di Nicaragua, dimana industrikapas menggunakan pestisida dalam jumlah besar, menurut suatulaporan dari Organisasi makanan dan Pertanian PBB terdapat 393 kasus kematian dan 3000 kasus keracunan selama tahun panen 1969-1970 akibat keterkenaan pestisida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>