Mereka juga harus berhadapan dengan sekian racun dari kemewahan orang lain

Tapi, sebaliknya, lebih sedikit kemungkinan bagi pemerintah-pemerintah di Asia, Afrika dan Amerika Latin dibanding dengan pemerintah-pemerintah di Eropa dan Amerika Utara untuk mendapatkan cara menurunkan gula darah yang tinggi sumber-sumber daya guna menata berbagai kondisi kerja di dalam dan tingkat polusi di luar industri-industri yang memang ada di negara-negara mereka. Mobil juga telah menyebarkan polusi udara di jalan-jalan negara miskin, dan ini tidaklah membeda-bedakan para korbannya berdasarkan tingkat pendapatan.

pestisida1

Sekian pestisida yang berbahaya, yang ada kalanya diimpor dari negara-negara di mana penggunaannya dilarang, biasanya digunakan oleh para pekerja tani yang tidak tahu akan bahayanya Setidak-tidaknya dalam hal kesehatan, tak ada kelompok yang lebih malang dibanding dengan mereka yang secara serentak kini menghadapi berbagai risiko kesehatan akibat kemiskinan mereka sendiri dan akibat kekayaan orang lain. Karena kekurangan makanan, perumahan, dan persediaan air, mereka adalah sasaran yang rapuh bagi bermacam penyakit menular dan parasit. Sangat menyedihkan kalau orang sekaligus harus tercekik oleh penyakit-penyakit dan tedauh dari kenikmatan-kenikmatan masyarakat industri modern.

Nutrisi Rendah dalam Petabumi

Krisis makanan sedunia” baru-baru ini telah memecahkan rekor sebagai berita utama di koran-koran. Namun, segi-segi krisis ini diam-diam telah menghantui halaman-halaman belakang selama beberapa puluh tahun. Masalah makanan dunia sesungguhnya mencakup berbagai macam komponen, ada yang setua peradaban itu sendiri dan ada yang baru muncul di tahun 1970-an; semuanya saling jalin-berjalin, tapi masing-masing bisa dipisahkan secara analitis. Satu segi dari masalah pangan yang selalu merebut perhatian umum adalah kelaparan. Komunikasi modern, perdagangan, dan bantuan semuanya turut mengamati kelaparan regional yang timbul karena kegagalan-kegagalan panen setempat.

Tetapi sekarang pun tatkala panen gagal di daerah-daerah yang miskin atau terpencil, atau tatkala peperangan merenggut produksi pangan dan perdagangan, kelaparan boleh jadi kembali akan mencengkeramkan tangannya. Tak ada hal yang paling jelas, yang menggambarkan impian buruk Maithus di kalangan mayoritas yang cukup pangan dari pada wajah-wajah kering dan cekung, Akan tetapi kelaparan, betapapun mencengkam dalam setiap kasus adalah suatu bencana yang bisa dilokalisasi dan yang akibat buruknya bisa diperkecil terkadang secara tuntas, melalui perencanaan nasional dan internasional yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>