Hanya beberapa puluh campuran kimiawi yang jelas bersifat karsinogenik pada manusia

kkrTak bisa ditarahkan bahwa masih terdapat banyak lagi agen demikian: bahwa sedikit sekali zat yang telah terbukti bersifat karsinogenik pada manusia tidak lagi menunjukkan kurangnya karsinogen dalam lingkungan, melain kan keadaan-keadaan istimewa yang diperlukan untuk seketat mungkin membendung suatu agen tertentu. Memastikan suatu tata-hubungan satu sama lain yang secara statistik bermanfaat antara agen dari lingkungan dengan kanker akan sulit sekali apabila masyarakat luas digunakan sebagai obat tradisional buat penyakit diabetes landasan statistik. Jarak waktu yang demikian panjang antara keterjangkitan dengan serangan, dan konstelasi yang unik dari keterjangkitan kimiawi dengan kebiasaan masing-masing orang menciptakan masalah pengolahan data yang tak mungkin diatasi. Oleh karena itulah, banyak karsinogen pada manusia yang tetah diungkapkan oleh pola-pola kanker yang tidak lazim di kalangan mereka yang melakukan bidang-bidang pekerjaan khusus.

 

Keterjangkitan para pekerja pabrik atau laboratorium oleh zat-zat tertentu seringkali bisa diukur dengan sangat teliti. Begitulah maka ketika beberapa puluh pekeda plastik di seluruh dunia mengidap suatu bentuk. kanker hati yang jarang di tahun 1970-an, klorid uinil yang menjangkiti mereka telah dibuktikan dengan jelas. Lebih dari seribu zat telah terbukti merangsang tumor pada binatang-binatang percobaan, dan jumlah itu semakin meningkat juga. Baik karena alasan praktis maupun alasan etis, pengaruh dari bahan-bahan kimia seperti itu mungkin tak akan pernah dibuktikan.

Kita tak punya pilihan lain selain menyatakan bahwa zat-zat yang menyebabkan kanker pada binatang juga berbahaya bagi manusia. Pengetahuan ilmiah yang ada sekarang mengenai cara bahan- bahan kimia merangsang kanker memberikan sedikit kecerahan atas usaha pencegahan kanker. Racun yang tidak bersifat karsinogen biasanya tak lagi merusak sel-sel begitu serangan berakhir. Jika orang keracunan mampu menahan seiangan, sel-sel yang sehat pada akhirnya akan menggantikan sel-sel yang rusak. Sebaliknya, agen-agen yang bersifat karsinogen biasanya menyerang sel-sel tubuh tanpa bisa diatasi. Kini banyak penelitian yang yakin bahwa bahan-bahan kimia yang karsinogen bisa merusak DNA dan mengakibatkan mutasi sel yang tetap, ketika sel menggantikan dirinya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>