Dengan kehidupan yang rata-rata hampir mencapai lima puluh tahun, orang India dan Pakistan sedikit bernasib lebih baik

Di mana kematian banyak terdapat di kalangan orang muda, dengan sendirinya harapan hidup rata-rata rendah, meskipun banyak di antara mereka yang berhasil melampaui masa kecil bisa hidup sampai tua renta. Harapan hidup bayi-bayi mereka seimbang dengan bayi-bayi yang lahir di Amerika Serikat dan Britania Raya di tahun 1g00. Data-data yang bisa diandalkan tentang arah gejala kesehatan di kalangan ke-800 juta penduduk Tiongkok sulit diperoleh, akan tetapi sejumlah perkiraan yang bisa dipercaya menyimpulkan bahwa harapan hidup di Tiongkok adalah enampuluh dua tahun. Usia rata-rata di sebagian besar negara Asia dan Timur Tengah, umumnya berkisar dari limapuluh hingga tujuh puluh tahun.

Screenshot_1Negara-negara Amerika Latin dan Karibia menunjukkan rata-rata nasional yang tinggi dan paling konsisten di antara kawasan “yang tak begitu berkembang”, dengan harapan hidup umumnya mencapai enampuluh tahun. Namun, bahkan di Belahan Bumi Barat, penduduk di beberapa negara yang termiskin – termasuk Haiti. Guatemala, Nikaragua dan Hondarus – mempunyai usia rata-rata di bawah limapuluh lima tahun. Angka kematian bayi juga berguna sebagai pengukur kesehatan Mortalitas bayi yang mencerminkan kematian di kalangan bayi sebelum mereka mencapai usia satu tahun boleh jadi merupakan indikator bagi kondisi-kondisi sosial dan kesehatan yang lebih peka dibanding dengan harapan hidup rata-rata. Bayi dan anak kecil adalah korban yang paling rawan dari kelangkaan persediaan makanan, sanitasi yang menyedihkan, dan perawatan kedokteran yang tak memadai. Angka kematian bayi terendah adalah di Swedia. Hanya sembilan dari tiap seribu Swedia yang meninggal sebelum mencapai usia setahun.

Mortalitas bayi di negara-negara yang lebih maju lainnya berkisar antara sepuluh hingga duapuluh lima per seribu. Dengan kata lain, hanya satu atau dua dari tiap seratus bayi di negara-negara ini yang meninggal sebelum berusia satu tahun. Sebaliknya, satu dari tigabelas bayi di Amerika Latin, satu dari tujuh bayi di anak-benua India, dan satu dari lima bayi di beberapa bagian di Afrika meninggal sekitar umur itu. Sekian kesenjangan internasional dalam tingkat kematian bayi dan anak-anak menunjukkan perbedaanyang paling drastis dalam kondisi kesehatan bangsa-bangsa miskin dan kaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>